Translate

Minggu, 03 Maret 2013

Osteoarthritis - Tinjauan dan Panduan Visual

Artikel Gambar Osteoarthritis: Tinjauan dan Panduan Visual OA
Osteoarthritis: Apakah Itu?

Juga disebut arthritis "keausan" atau penyakit sendi degeneratif, osteoarthritis (OA) adalah kerusakan progresif peredam alami send
i. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika Anda menggunakan sendi yang terkena - mungkin akan terasa sakit ketika Anda membungkuk, atau jari terasa sakit ketika anda mengetik. Kebanyakan orang yang berusia lebih dari 60 tahun memiliki beberapa derajat OA, tetapi juga mempengaruhi mereka yang berusia 20-an dan 30-an.

Osteoarthritis: Gejala

Gejala-gejala osteoarthritis cenderung
berkembang secara perlahan. Anda mungkin memperhatikan rasa sakit atau nyeri saat Anda menggerakan sendi tertentu atau saat Anda sudah tidak aktif dalam waktu lama. Sendi yang terkena mungkin juga kaku atau berderit. Biasanya, osteoarthritis menyebabkan kekakuan di pagi hari yang baru akan terselesaikan dalam masa 30 menit. Ketika osteoarthritis mempengaruhi tangan, beberapa orang mengembangkan pembesaran tulang di jari, yang mungkin atau mungkin tidak menimbulkan rasa sakit.

Osteoarthritis: Dimana Akan Sakit?

Dalam kebanyakan kasus, osteoarthritis berkembang pada sendi
yang menahan beban dari lutut, pinggul, atau tulang belakang. Ini juga terjadi di leher, jari jempol,, dan jempol kaki. sendi lain biasanya tidak terpengaruh, kecuali melibatkan cedera.

Osteoarthritis: Apa Penyebabnya?  

Setiap
sendi dilengkapi dengan peredam alami dalam bentuk tulang rawan. Bahan kenyal ini membantali ujung tulang dan mengurangi gesekan pada sendi yang sehat. Seperti kita berusia, sendi menjadi kaku dan tulang rawan lebih rentan terhadap keausan. Pada saat yang sama, penggunaan berulang pada sendi selama bertahun-tahun mengiritasi tulang rawan. Jika cukup memburuk, tulang akan saling bergesekan, ini menyebabkan rasa sakit dan mengurangi jarak pergerakan.

Faktor Risiko yang Tidak Bisa Anda Kontrol

Salah satu faktor risiko utama untuk osteoarthritis adalah sesuatu yang tidak satupun dari kita dapat mengendalikannya menjadi semakin tua. Gender juga memainkan peran. Diatas usia 50, lebih banyak wanita daripada laki-laki yang mengembangkan osteoarthritis. Dalam kebanyakan kasus, hasil kondisi dari keausan normal selama bertahun-tahun. Tetapi beberapa orang memiliki cacat genetik atau kelainan sendi yang membuat mereka lebih rentan. 

Faktor Risiko yang Bisa Anda Kontrol

Karena sendi
yang terluka lebih rentan terhadap osteoarthritis, melakukan sesuatu yang merusak sendi dapat meningkatkan risiko Anda. Ini termasuk olahraga yang memiliki tingkat cedera yang tinggi dan pekerjaan yang memerlukan gerakan berulang, seperti menekuk lutut untuk memasang lantai. Obesitas merupakan faktor risiko lainnya - yang telah dikaitkan secara khusus untuk osteoarthritis lutut dan pinggul.

Dampak Pada Kehidupan Harian

Osteoarthritis mempengaruhi setiap orang
secara berbeda. Beberapa orang mengalami sedikit gejala akibat dari penurunan beberapa sendi mereka. Lainnya mengalami nyeri dan kekakuan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika tombol tulang berkembang di sendi kecil jari tangan, melakukan tugas seperti mengancingkan baju bisa menjadi sulit. Osteoarthritis lutut atau pinggul dapat menyebabkan pincang. Dan osteoartritis tulang belakang dapat menyebabkan rasa sakit yang dapat melemahkan dan / atau mati rasa.

Mendiagnosis Osteoartritis

Untuk membantu dokter membuat diagnosis yang akurat, Anda harus menjelaskan gejala
nya secara rinci, termasuk lokasi dan frekuensi sakit. Dokter Anda akan memeriksa sendi yang terkena dan dapat memerintahkan untuk melakukan sinar-X atau imaging lain untuk melihat seberapa banyak kerusakan yang ada, dan untuk menyingkirkan kondisi sendi yang lain. Dalam banyak kasus, tes darah digunakan untuk menyingkirkan bentuk lain dari arthritis.

Komplikasi Jangka Panjang

Tidak seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis tidak mempengaruhi organ tubuh atau menyebabkan penyakit. Tapi
ia bisa menyebabkan kelainan bentuk yang mengambil jalan tol pada mobilitas. kehilangan berat tulang rawan di sendi lutut dapat menyebabkan lutut membelok keluar, menciptakan penampilan kaki busur (ditunjukkan dalam gambar sebelah kiri). taji tulang menonjol disepanjang tulang belakang (ditampilkan dalam gambar sebelah kanan) bisa mengganggu saraf, menyebabkan nyeri, mati rasa, atau kesemutan di beberapa bagian tubuh.

Pengobatan: Terapi Fisik

Tidak ada pengobatan untuk menghentikan erosi tulang rawan pada sendi, tetapi ada cara untuk meningkatkan fungsi sendi. Salah satunya adalah terapi fisik untuk meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat otot-otot di sekitar sendi yang terkena. terapis dapat juga menerapkan terapi panas atau dingin seperti kompres untuk menghilangkan rasa sakit.

Perangkat Pendukung

Perangkat pendukung, seperti finger splints atau knee braces, dapat mengurangi stres pada sendi dan mengurangi rasa sakit. Jika sulit berjalan, tongkat, crutches, atau walkers dapat membantu. Orang dengan osteoarthritis tulang belakang yang beralih ke kasur lebih keras dapat bermanfaat dan memakai back brace atau neck collar.  

Obat untuk OA

Ketika osteoarthritis
bergejolak, banyak pasien mendapatkan bantuan dengan menggunakan obat nyeri over-the-counter dan obat anti-inflamasi, seperti aspirin, ibuprofen, atau acetaminophen. Krim atau semprotan penghilang rasa sakit juga dapat membantu bila diterapkan secara langsung ke daerah yang sakit. Jika rasa sakit terus berlanjut meskipun menggunakan pil atau krim, dokter Anda mungkin menyarankan suntikan steroid atau hyaluronans langsung ke dalam sendi.

Suplemen

Penelitian secara keseluruhan menunjukkan tidak adanya manfaat dari glucosamine dan chondroitin - suplemen tersedia di apotek dan toko makanan kesehatan dipuji untuk menghilangkan rasa sakit dan kekakuan bagi penderita osteoarthritis. Periksakan ke dokter Anda sebelum menggunakan chondroitin, terutama jika Anda mengambil pengencer darah.

Osteoarthritis dan Berat

Jika Anda kelebihan berat badan, salah satu cara yang paling efektif
untuk mengurangi nyeri di sendi lutut atau pinggul adalah dengan menurunkan beberapa kilogram berat Anda. Bahkan penurunan berat badan ringan telah terbukti mengurangi gejala osteoartritis dengan mengurangi ketegangan pada sendi yang menahan beban. Menurunkan berat badan tidak hanya mengurangi rasa sakit, tetapi juga dapat mengurangi kerusakan sendi jangka panjang.

Osteoarthritis dan Latihan

Orang dengan osteoarthritis
mungkin menghindari latihan karena khawatir hal itu akan menimbulkan rasa sakit. Tapi aktivitas low-impact seperti berenang, berjalan, atau bersepeda dapat meningkatkan mobilitas dan meningkatkan kekuatan. Pelatihan dengan bobot yang ringan dapat membantu memperkuat otot-otot yang mengelilingi sendi Anda. Misalnya, dengan memperkuat paha depan dapat mengurangi rasa sakit pada lutut. Tanyakan kepada dokter atau terapis fisik mengenai latihan yang terbaik untuk Anda.

Apakah Operasi untuk Anda?

Jika osteoartritis mengganggu secara signifikan dengan kehidupan sehari-hari dan gejala tidak membaik dengan terapi fisik atau pengobatan, operasi penggantian sendi adalah suatu pilihan. Prosedur ini digunakan pada mereka yang
menderita OA berat dan menggantikan sendi yang rusak dengan sendi buatan. Lutut dan pinggul adalah sendi yang paling sering diganti.

Mencegah Osteoartritis

Yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menangkal osteoarthritis adalah
dengan menjaga berat badan Anda. Selama bertahun-tahun, berat ekstra memberi tekanan pada sendi dan bahkan dapat mengubah struktur sendi yang normal. Mencegah cedera juga penting. Mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari cedera gerakan berulang pada pekerjaan. Jika Anda bermain olahraga, menggunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar