Translate

Minggu, 03 Maret 2013

Akupuntur vs Perawatan Standar untuk Sakit Punggung

Acupuncture May Ease Chronic Back Pain

Akupunktur Dapat Meringankan Sakit Punggung Kronis
Studi Menunjukkan Bahwa Akupunktur Lebih Baik Dari Perawatan Standar Untuk Meringankan Sakit Punggung

Oleh Kathleen Doheny WebMD Health News Reviewed by Louise Chang, MD
Teknik kuno akupunktur membantu meringankan sakit punggung kronis lebih baik daripada perawatan standar seperti obat atau terapi fisik, menurut studi baru. 
Bahkan lebih mengejutkan, semua tiga teknik akupunktur telah diuji - termasuk teknik " sham " dengan tusuk gigi dan tidak ada tusukan kulit - bekerja lebih baik daripada perawatan yang biasa diberikan untuk masalah ini.
"Akupunktur seperti perawatan yang memiliki dampak positif pada orang yang menderita sakit punggung kronis secara keseluruhan," ujar peneliti studi Dan Cherkin, PhD, peneliti senior di Grup Pusat Kesehatan untuk Studi Kesehatan di Seattle. "Itu tidak masalah jika anda memasukan jarum atau menusuk secara dangkal [kulit]."

Penemuan itu, Cherkin mengatakan, lebih mengarah ke spekulasi tentang bagaimana teknik abad-lama sebenarnya bekerja. 
Studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine.
Cherkin dan koleganya menugaskan 638 orang laki-laki dan perempuan dengan sakit punggung bagian bawah kronis yang sebelumnya belum pernah mendapatkan akupunktur ke salah satu dari empat kelompok:
· grup akupunktur individual. Pasien menerima pengobatan akupunktur berdasarkan resep yang disesuaikan untuk titik akupunktur.
· grup akupunktur standar. Pasien menerima pengobatan akupunktur yang dianggap efektif oleh para ahli untuk sakit punggung bagian bawah kronis.
· grup akupunktur simulasi. Pasien yang menerima perawatan yang meniru jarum akupunktur tetapi menggunakan tusuk gigi didalam tabung panduan tanpa penetrasi ke kulit.
· grup perawatan biasa. Pasien meneruskan apa saja mereka lakukan, seperti mengambil obat pereda sakit atau menjalani terapi fisik.
Perawatan akupunktur diberikan dua kali seminggu selama tiga minggu, kemudian sekali seminggu selama empat minggu. Para peneliti mengukur sakit punggung yang terkait dengan masalah dan penyelewengan fungsi delapan minggu, setengah tahun, dan satu tahun setelah perawatan.
Peserta dalam percobaan, yang didanai oleh National Institutes of Health, hanya diberitahu bahwa para peneliti itu membandingkan tiga metode yang berbeda untuk merangsang titik akupunktur.

Akupunktur vs' Perawatan Biasa'
" akupunktur individual tidak memberikan manfaat apapun melebihi akupunktur standar," Cherkin memberitahu WebMD. "Akupunktur simulasi, yang mana telah mendorong titik standardisasi, juga memiliki efek yang sama. Semua itu lebih baik daripada perawatan biasa." 
Mereka yang pernah mendapat perawatan akupunktur apapun hampir sama daripada mereka yang mendapatkan perawatan biasa yang mempunyai "berarti" perbaikan dalam skala penyelewengan fungsi, yang mana mencerminkan kemampuan untuk terlibat dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan, 60% pasien yang dirawat dengan akupunktur, tetapi hanya 39% dari pasien dalam grup dengan perawatan biasa, memiliki perbaikan yang berarti dalam penyelewengan fungsi, para peneliti menemukan.
Yang diterjemahkan ke dalam kelompok akupunktur tersebut mampu untuk dapat berbuat lebih banyak kegiatan sehari-hari, seperti menuju ke fungsi sosial atau melakukan tugas-tugas rumah tangga, Cherkin memberitahu WebMD.
Setelah satu tahun, mereka yang dalam kelompok akupunktur juga hampir sama dengan kelompok denngan perawatan biasa terus mengalami peningkatan dalam penyelewengan fungsi, sampai lebih dari 65% dari pasien yang dirawat dengan akupunktur- tetapi hanya 50% dari pasien yang dengan perawatan biasa masih melaporkan adanya perbaikan. Namun perbaikan dari waktu ke waktu semakin berkurang.
Temuan bahwa akupunktur simulasi adalah sebaik jarum akupunktur yang menimbulkan teka-teki, Cherkin mengakui. "Apa yang dapat kita katakan adalah, tidak perlu untuk mencapai sebuah keuntungan dengan memasukkan jarum melalui kulit," ujarnya.
Mengapa hal ini sangat tidak dikenal, katanya. "Salah satu kemungkinan yang ada adalah rantai peristiwa fisiologis yang terjadi saat anda memasukkan jarum atau hanya merangsang kulit secara dangkal. Mereka mungkin atau mungkin tidak sama."
Kemungkinan lain, ia mengatakan, adalah "anda mempercayai bahwa anda mendapatkan perawatan yang akan membantu sakit punggung anda " membantunya.
Dan, dia menambahkan lagi, tidak semua peserta mendapat manfaat dari akupunktur, apapun bentuknya. Meski demikian, ia mengatakan, "akupunktur adalah opsi yang wajar " bagi mereka yang menderita sakit punggung bagian bawah. Amerika menghabiskan setidaknya $ 37 milyar per tahun untuk perawatan medis sakit punggung, Cherkin mencatat dalam laporannya.

'Akupunktur Dapat Membantu’

"Meskipun studi ini telah menumpahkan beberapa cahaya [pada perawatan sakit punggung], ia juga membingungkan, menurut saya," kata Arya Nick Shamie, MD, associate professor of spine surgery at the University of California David Geffen School of Medicine dan juru bicara untuk American Academy of Orthopaedic Surgeons.
"Untuk bagian yang paling utama, akupunktur sangat aman," kata Shamie, yang telah merekomendasikan itu kepada pasien dengan sakit punggung kronis. Namun, ia menambahkan, "karya ini telah membingungkan isu yang lebih jauh tentang bagaimana akupunktur bekerja." Meskipun demikian, ia mengatakan, "Apa yang telah ditujukkan adalah akupunktur dapat membantu pasien."
Hasil yang baik dengan akupunktur "tusuk gigi" dapat menjadi efek placebo yang sangat baik, Shamie mengatakan. "Bahkan pergi dan berbicara dengan dokter anda dapat memiliki hal yang kuat, efek positif pada kesehatan," ujarnya. "Ketika orang mempunyai penyakit kronis, mereka ingin merasa bahwa seseorang peduli untuk mereka, dan itulah dasarnya dengan mencurahkan pikiran terhadap beban penyakit."
Keberatannya: "sakit punggung kronis harus dievaluasi oleh dokter anda atau spesialis," ujarnya, untuk menyingkirkan segala masalah medis yang serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar